-->

Tuesday, 16 September 2014

8 Tips dan trik memilih produk affiliate Clickbank

kotabontang.net - Tips dan trik memilih produk affiliate Clickbank,Dalam menjalankan affiliate marketing, sangat penting dalam pemilihan produk affiliasi yang akan kita pasarkan. Memilih produk yang tepat berkualitas akan membantu kita untuk menjadi affiliate marketer yang berhasil. Sebaliknya kalau kita memilih produk yang salah (tidak berkualitas) maka akan menurunkan kredibilitas kita sebagai seorang affiliate. Semoga tutorial berikut bisa membantu anda yang masih pemula di dunia affiliate clickbank untuk dapat memilih produk yang berkualitas sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi anda.

Banyak hal yang harus diperhatikan saat kita akan memilih produk affiliasi yang akan kita promosikan, khususnya produk-produk clickbank. Tips-tips berikut saya dapat dari para affiliate sukses yang telah saya terapkan secara pribadi dan terbukti membantu saya mendapatkan produk clickbank yang berkualitas.

Ada beberapa cara memilih produk agar anda tidak putus ditengah jalan saat mempromosikannya, antara lain :

Pertama : Anda bisa mulai dari hobi. Setiap orang pasti akan senang bila bisa melakukan hobi’y setiap saat dan itu bisa diterapkan di clickbank. Cari produk clickbank yang sesuai dengan hobi anda. Misalnya anda hobi Photography, maka carilah produk yang mengulas tuntas semua yang berhubungan dengan photography. Dengan begitu anda tidak akan bosan untuk mempromosikannya karena seolah-olah anda sedang melakukan hobi anda.

Kedua : Pilih produk dari bidang yang anda kuasai. Bidang yang anda kuasai tidak selalu jadi hobi anda bukan?. Bisa jadi anda anda menguasai teknik membuat software padahal hobi anda adalah sepak bola. Dengan memilih produk dari bidang yang anda kuasai, maka langkah mudah untuk mempromosikan sebuah produk akan terbuka. Anda bisa memberikan jawaban yang tepat bila ada calon pembeli yang bertanya seputar produk yang anda promosikan.

Ketiga : Pilih produk yang sedang laku dipasaran dan banyak dicari orang (anda bisa mencarinya di search engine). Dan ini yang sering saya jadikan dasar untuk mencari produk yang akan saya promosikan. Dengan memilih produk yang sedang banyak dicari orang, tentunya akan semakin mempermudah kita untuk mempromosikannya. Kalaupun anda menemukan produk yang sedang laku tapi anda tidak menguasai bidangnya, anda bisa mempelajari terlebih dahulu produk tersebut. Gali informasi lebih dalam tentang semua yang berkaitan dengan produknya, sampai anda menguasainya dan siap untuk mempromosikannya.

OK…saya anggap anda sudah menemukan beberapa criteria produk yang akan anda promosikan, maka tahapan selanjutnya anda perlu memfilter lagi produk-produk pilihan anda, produk mana yang akan memberikan profit pada anda dan produk mana yang tidak potensial.


Langkah 1 : Dari halaman marketplace clickbank
Perhatikan baik-baik data statistic dari setiap produk yang akan anda promosikan.

A.Popularitas produk
Saat kita membuka halaman marketplace clickbank dan memilih kategori, maka clickbank pada awalnya akan menmpilkan produk-produknya berdasarkan popularitas. Produk yang ada di urutan pertama adalah produk yang sangat popular, sedang ‘hot’/laku di pasaran dan tentunya banyak para affiliate professional yang mempromosikannya sehingga produk ini sangat kompetitif. Bisa dipastikan bagi kita para pemula di atas kertas akan kalah bersaing dengan mereka. Jadi saran saya, pilihlah produk yang berada di urutan ke tiga ke bawah.

B.Gravity
Semakin banyak jumlah gravity-nya, maka semakin banyak pula para affiliate yang mempromosikan produk tersebut dan tidak menutup kemungkinan para affiliate yang ahli dibidangnya juga ikut mempromosikan produk ini seperti halnya poin A di atas. Kita sebagai pemula lagi-lagi akan tergeser oleh para professional. Jadi saran saya, pilih produk yang jumlah gravity-nya tidak terlalu banyak, sebaiknya antara 20-100. Produk dengan gravity di bawah 20 masih diragunakan kredibilitasnya.

C.Avg $/Sale
Pilih produk dengan nilai Avg $/Sale atau nila komisi per penjualan yang besar. Ini akan menjadi motovasi tersendiri bagi kita agar lebih kerja keras untuk menghasilkan penjualan. Kita tidak mau kan cape-cape mempromosikan produk yang komisinya sedikit?.

D.Avg %/Sale
Pilih produk yang memberikan prosentase komisi yang besar. Sebaiknya pilih yang memberikan 50%/sale atau lebih. Ini berhubungan dengan point C di atas. Anda tidak perlu khawatir karena rata-rata produk affiliate clickbank memberikan lebih dari 50%/sale.

E.% Refd
Ini menunjukkan jumlah penjualan melalui affiliate dari keseluruhan total penjualan produk tersebut. Semakin tinggi % Refd suatu produk, maka produk tersebut mempunyai kredibilitas yang baik karena sudah banyak para affiliate yang berhasil melakukan penjualan.

F.Refund
Jumlah ini menunjukan angka di mana pembeli suatu produk merasa tidak puas dengan produk yang dibelinya dan meminta uangnya dikembalikan. Sebaiknya hindari jauh-jauh produk yang statistic refund-nya tinggi. Jika kita berhasil menjual suatu produk tetapi si pembeli merasa tidak puas dan meminta uangnya kembali, maka clickbank akan menarik kembali komisi penjualan kita dari produk tersebut. Untuk dapat melihat jumlah refund dari suatu produk, kita bisa mengunjungi situs pendukung clickbank yaitu cbengine.com


Langkah 2 : Dari halam penjualan/pitch page (website penawaran)
Langkah berikut sangat penting bahkan sangat menentukan terjadinya penjualan sebuah produk. Ketahui lebih dalam tentang produk yang akan anda promosikan. Lihat halaman penawaran produk / situs webnya dengan meng-klik ‘view pitch page’ atau bisa juga dengan meng-klik judul produknya di marketplace clickbank. Perhatikan hal-hal berikut :

A.Desain halaman dan tulisan
Perhatikan desain web dan surat penawarannya, apakah dibuat dengan professional?. Desain halaman dan penawaran yang kurang menarik akan sangat diragukan bisa menjadikan penjualan yang baik. Tempatkan (bayangkan) diri anda jika anda berada di posisi sebagai calon pembeli. Baca keseluruhan isi penawarannya, apakah cukup bagus dan anda tertarik. Jika anda tertarik membeli produk tersebut dengan hanya membaca surat penawarannya, besar kemungkinan orang lain pun akan tertarik. Dan produk tersebut bisa anda promosikan.

B.Profil merchant/vendor
Cari lebih jauh tentang penjual produk tersebut dari berbagai sumber. Produk yang bagus biasanya menyediakan halaman khusus tentang profil penjualnya seperti ‘About Us’ atau ‘Contact Us’. Kredibilitas penjual sangat penting untuk kita ketahui, jangan sampai kita (baik sebagai affiliate maupun pembeli) kena tipu oleh vendor.

C.Form opt in
Vendor yang baik akan menyediakan input data pelanggan pada halaman penawarannya. Vendor akan melakukan follow up kepada pengunjung situsnya walaupun melalui link kita. Ini akan memperbesar peluang pengunjung untuk membeli produk yang kita promosikan dan peluang affiliate mendapat komisi semakin terbuka lebar.

D.Testimoni
Perhatikan testimony positif dari para pembeli terdahulu di halaman penawaran. Semakin banyak testimony yang dimuat, semakin menunjukan bagusnys kualitas suatu produk.

E.Perlengkapan promosi
Adakah perlengkapan promosi yang disediakan vendor di halaman penawarannya yang disediakan khusus bagi para affiliate?. Vendor yang baik akan menyediakan tools promosi (seperti banner, artikel marketing dll) untuk para affiliatenya agar lebih mudah mempromosikan produknya.

F.Dukungan vendor
Vendor yang baik akan selalu bisa dihubungi kapan saja, merespon setiap pertanyaan baik itu via email atau telepon. Suatu waktu sebagai affiliate mungkin kita akan menerima pertanyaan dari calon pembeli seputar produk yang kita promosikan dan kita kesulitan untuk menjawabnya, maka kita bisa langsung menghubungi vendornya. Vendor yang baik akan cepat merespon setiap pertanyaan yang dating dari affiliatenya.

G.Sistem caching
Vendor yang baik akan melindungi pendapatan para affiliatenya. Dengan menerapkan system caching pada system affiliasinya, vendor akan mencatat dengan baik setiap pengunjung yang datang melalui link kita walaupun pengunjung tersebut tidak langsung membeli produk pada kunjungan pertama dan baru membeli beberapa hari kemudian. Contoh kasus : seorang pengunjung/calon pembeli mengunjungi link affiliate kita dan dia tertarik dengan produk yang kita tawarkan, tapi dia tidak melakukan pembelian pada saat itu juga. Beberapa hari kemudian pengunjung tadi benar-benar akan membeli produk yang kita promosikan, tetapi dia tidak lagi mengunjungi halaman penawarannya melalui link kita melainkan langsung menuju halaman vendor. Karena vendor sudah menggunakan system caching maka ip address pengunjung tadi sudah tercatat sebagai pengunjung link kita pada awalnya, sehingga komisi penjualan akan tetap diberikan pada kita.

H.Term & condition
Baca dengan teliti ‘term and condition’ yang ada pada halaman penawaran. Apakah syarat-syarat yang ditetapkan oleh vendor cukup jelas dan tidak ada yang dirugikan?, jika kita sepakat dengan ketentuan yang ditetapkan maka kitapun siap untuk mempromosikan produk tersebut.

Setelah anda menemukan semua kriteria dia atas pada suatu produk di clickbank, maka anda sudah menemukan produk yang tepat, berkualitas dan profitable. Segera promosikan produk tersebut dengan berbagai cara agar mendapatkan penjualan. Tapi ingat!, jangan pernah melakukan spamming. Semua orang sangat membenci spam tidak terkecuali saya dan anda…betul?.

Tunggu dulu !!!...
Anda yang pemula!, apakah masih bingung memilih produk yang prafitable???...Jangan khawatir!!...Ada banyak alat bantu yang bisa memudahkan anda untuk mencari produk yang berkualitas dan banyak dibutuhkan dipasaran. Beberapa web berikut mungkin bisa membantu anda :

1. www.cbengine.com (langganan)
alat ini yang selalu digunakan oleh para affiliate clickbank profesional. Berfungsi untuk menganalisa secara detil tentang informasi dan statistik semua produk yang dijual di clickbank. Dikenakan biaya bulanan untuk enggunakan alat ini, tapi mereka masih berbaik hati untuk memberikan free trial selama 15 hari. Anda bisa mencobanya dulu, manfaatkan waktu gratisnya selama 15 hari untuk menge-test sistemnya. selanjutnya jika anda rasa sangat membantu dalam usaha memajukan bisnis affiliate anda, bisa dilanjutkan berlangganan.
2. www.cb-tracker.com (gratis)
3. www.cbtrends.com (gratis)
4. www.cb-analitycs.com (gratis)
Tiga web di atas (no. 2-4) fungsinya hampir sama yaitu menunjukkan statistik semua produk di clickbank bahkan statistik clickbank itu sendiri seperti jumlah produk saat ini, jumlah produk aktif dll. Kita bisa lihat produk terpopuler saat ini berikut statistik lengkapnya di sana. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi masing-masing web di atas dan rasakan manfaatnya.

Previous
Next Post »